Bagaimana Cara Mencuci Mobil Sendiri Untuk Pemula

Bagi banyak pemilik kendaraan, mencuci mobil tanpa pergi ke tempat pencucian mobil adalah tindakan terapeutik dan di anggap sebagai bermanfaat bagi penampilan kendaraan.

Itu bagus, karena sering mencuci juga merupakan cara terbaik untuk menjaga hasil  akhir mobil tetap terlihat baru.

Tapi,

yang mungkin tampak sederhana seperti mencuci mobil Anda, sebenarnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Berikut adalah beberapa tips dasar mencuci mobil.

Cuci mobil pakai sabun apa?

 Cuci mobil pakai sabun apa?
Jangan menggunakan bahan pembersih rumah tangga seperti sabun tangan, deterjen pencuci piring, atau pembersih kaca. Ini tidak dirumuskan untuk digunakan pada cat mobil dan dapat menanggalkan lilin pelindung.

Adapun produk shampoo pencuci mobil yang sering dipakai diantaranya adalah:
  1. Meguiar’s Gold Class Car Wash
  2. Sensha Body Clean Car Shampoo
  3. Sonax Gloss Shampoo Concentrate
  4. Bullsone First Class Car Shampoo
  5. Auto Magic E-Z Suds Liquid Concentrate
  6. Waxco Wash and Wax Car Shampoo
  7. Kit Wash and Glow
  8. 3M Car Wash Soap Gold Series
  9. Waxco Nano Super Wax Shampoo, dan 
  10. Turtle Wax Ice Car Wash.

Apakah Ada Pedoman Umum Ketika Mencuci Mobil?

Jangan mencuci mobil Anda ketika tubuh panas, seperti segera setelah mengemudi atau setelah telah diparkir di bawah sinar matahari langsung untuk sementara. Panas mempercepat pengeringan sabun dan air, membuat mencuci lebih sulit dan meningkatkan kemungkinan bahwa bintik atau deposito akan membentuk.

Jangan menggerakan spons dengan gerakan lingkaran. Hal ini dapat menciptakan cahaya, namun disisi lain dapat goresan terlihat yang disebut tanda swirl.

Sebaliknya, bergerak spons memanjang di kap mesin dan panel tubuh lainnya. Dan jangan menggunakan spons yang jatuh di tanah tanpa melakukan pembilasan secara menyeluruh, karena spons yang jatuh dapat mengambil partikel kotoran yang dapat menggores cat.

Saat mencuci mobil, berkonsentrasi pada satu bagian pada waktu tertentu, lalu mencuci dan membilas masing-masing daerah sepenuhnya sebelum pindah ke yang berikutnya.

Hal ini memastikan bahwa Anda memiliki banyak waktu untuk bilas sebelum sabun mengering.

Mulai dari atas,. Gunakan selang tanpa nozzle dan membiarkan aliran air di atas mobil dari atas ke bawah. Hal ini menciptakan tindakan terpal yang membantu meminimalkan pooling air.

Menggunakan ember terpisah pada bilas spons untuk menghilangkan kotoran dan meminimalkan tercampur ke dalam air cuci berbusa.

Bagaimana Keringkan Mobil Ketika Selesai Mencucinya?

Jangan biarkan kering oleh udara. Selain itu, jangan gunakan handuk abrasif atau bahan lain yang dapat meninggalkan goresan garis rambut di cat.

Hal terbaik untuk menghilangkan sisa air dapat dipercepat dengan menggunakan squeegee halus untuk menghilangkan sebagian besar air pada tubuh mobil, tetapi pastikan karetnya lentur dan bahwa hal itu tidak mengambil bit dari kotoran yang dapat menyebabkan goresan.